DI BALIK LAYAR: PEMBUATAN FILM DOKUMENTER “SELAYANG PANDANG BPS PROVINSI KALTENG” - News - BPS-Statistics Indonesia Kalimantan Tengah Province

Our Service Satisfaction Survey s.bps.go.id/SKD2024Kalteng

Release Now Kalimantan Tengah Province in Figures 2024, download here. Report! If things happen that are less pleasing or the officer asks for a reward / tip. We want to provide the best service.

DI BALIK LAYAR: PEMBUATAN FILM DOKUMENTER “SELAYANG PANDANG BPS PROVINSI KALTENG”

DI BALIK LAYAR: PEMBUATAN FILM DOKUMENTER “SELAYANG PANDANG BPS PROVINSI KALTENG”

September 14, 2015 | Other Activities


Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah atau disingkat "Jasmerah" adalah semboyan yang terkenal yang diucapkan oleh Presiden Soekarno, dalam pidato terakhirnya pada HUT Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1966. Hal ini yang mendorong BPS Provinsi Kalteng untuk mendokumentasikan sejarah berdirinya kantor BPS Provinsi Kalteng ke dalam sebuah film dokumenter. Film yang bertajuk selayang pandang ini dibuat dengan narasumber seorang tokoh yang begitu disegani di Pulau Kalimantan, seorang sejarahwan pendiri Provinsi Kalteng, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Nasional, juga pernah menjabat sebagai Kepala BPS Provinsi Kalteng periode tahun 1972 s.d 1986 yaitu Bapak Sabran Achmad.

Pengambilan gambar dilakukan pada tanggal 14 September 2015, dengan mengambil tempat di sekitaran Tugu Soekarno, pelabuhan perahu susur sungai, di bawah jembatan Kahayan, dan terakhir di halaman kantor BPS Provinsi Kalteng. Seolah dibawa ke masa lalu begitu mendengar cerita Bapak kelahiran Kuala Kapuas 31 Desember 1930 ini. Di usia yang sudah memasuki 85 tahun ini, ingatan beliau masih sangat tajam. Secara detail beliau menceritakan keadaan BPS Provinsi Kalteng mulai dari awal tahun pembentukannya hingga sekarang, baik dari sarana prasarana, SDM dan kegiatan perstatistikannya. 180 derajat perbedaan yang dialami BPS Provinsi Kalteng yang dahulu dibanding sekarang. Bangunannya pun jauh dari mimpi pada masa itu. “kalau dulu punya bangunan seperti saat ini, itu mimpi namanya” ungkap Sabran Achmad sambil memperlihatkan gedung kantor BPS Provinsi Kalteng nan megah.

Diakhir film ini, Sabran Achmad berpesan kepada seluruh insan BPS agar selalu mensosialisasikan data dan meberikan pemahaman bagaimana membaca data kepada seluruh lapisan masyarakat. Beliau memberikan semangat kepada para pegawai BPS “kalau bicara data, kalianlah (pegawai BPS-red) yang terhebat. Karena seorang doctor bahkan professor sekalipun belum tentu benar membaca data.” ungkap Sabran Achmad mengakhiri pengambilan gambar film dokumenter ini.

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (BPS-Statistics of Kalimantan Tengah Province)Jl. Kapt. Piere Tendean No 6 Palangka Raya 73112 Indonesia

WhatsApp 0811 521 6200

Telp (0536) 322 8105

Faks (0536) 322 1380

E-mail : kalteng@bps.go.id | https://linktr.ee/bpskalteng | e-PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi)

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia