RAKONREG PDRB 2018, Memoles Paras Cantik Pariwisata Palangka Raya - News - BPS-Statistics Indonesia Kalimantan Tengah Province

Our Service Satisfaction Survey s.bps.go.id/SKD2024Kalteng

Release Now Kalimantan Tengah Province in Figures 2024, download here. Report! If things happen that are less pleasing or the officer asks for a reward / tip. We want to provide the best service.

RAKONREG PDRB 2018, Memoles Paras Cantik Pariwisata Palangka Raya

RAKONREG PDRB 2018, Memoles Paras Cantik Pariwisata Palangka Raya

May 14, 2018 | Other Activities


Rapat Konsultasi Analisis Ekonomi Regional Produk Domestik Regional Bruto (RAKONREG PDRB) Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Tengah Tahun 2018 merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Bappedalitbang bekerja sama dengan BPS serta Diskominfosantik. Acara yang bertempat di Ballroom Hotel Luwansa Palangka Raya ini dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Palangka Raya, Dr. Ir. Mofit Saptono Subagio, M.P. Rakonreg PDRB menjadi salah salah satu bukti nyata terpeliharanya kerjasama yang baik dalam penyediaan dan analisis data sosial-ekonomi antara BPS dan Perangkat Daerah. Kini, Rakonreg PDRB tidak hanya membahas mengenai teknis estimasi PDRB, namun telah meluas ke isu-isu terkini yang menjadi perhatian pemerintah dan publik. Salah satu isu yang hangat yang sering dibahas akhir-akhir ini adalah peningkatan gairah kinerja sektor pariwisata. Ditetapkannya Sepuluh “Bali Baru” oleh Presiden Jokowi sejak 2016 menandakan bahwa pariwisata merupakan sektor yang akan terus dipoles untuk menggerakkan ekonomi bangsa. Sayangnya, dari sepuluh destinasi wisata Bali Baru tersebut tidak satupun yang ada di Pulau Kalimantan. Oleh karena itu, Rakonreg PDRB kali ini mengambil tema Pengembangan Sektor Pariwisata dalam Menyongsong Bonus Demografi untuk Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi Daerah dengan subtema Perluasan Kesempatan Kerja Melalui Peningkatan Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Industri Pariwisata.

Pada kesempatan ini, hadir enam orang pembicara handal yang mengupas tuntas problema pariwisata dari berbagai aspek. Mereka adalah Setianto, SE, M.Si (Direktur Neraca Produksi-BPS RI), Istasius Angger Anindhito, SE, MA (Plt. Kasubdit Industri Direktorat Industri, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif-Bappenas RI), Setian (Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi-Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah), Ir. Yuren S. Bahat, MM, MT (Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah), Dr. Guntur Talajan, SH, M.Pd (Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah) dan Hanif Yahya, S.Si, M.Si (Kepala BPS Provinsi Kalimantan Tengah).

Rakonreg PDRB tahun ini menghasilkan beberapa rekomendasi dalam pengembangan pariwisata di Kalimantan Tengah. Pertama, diperlukan sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah dalam perencanaan pembangunan dan pengembangan pariwisata untuk mewujudkan keselarasan pembangunan pariwisata. Kedua, diperlukan identifikasi kondisi dan karakteristik wisatawan, potensi dan pangsa pasar masing-masing daerah sehingga sehingga perencanaan pembangunan dan pengembangan sektor pariwisata lebih kreatif, efektif dan optimal. Ketiga, optimalisasi peran UMKM dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja melalui peningkatan kualitas SDM, pembiayaan dan promosi. Selain itu, untuk mendukung pembangunan sektor pariwisata dan penyediaan data pariwisata yang berkualitas, BPS, Bappedalitbang dan Diskominfosantik se-Kalimantan Tengah harus membangun dan mengembangkan statistik pariwisata yang berstandar nasional maupun internasional. Dengan adanya rekomendasi tersebut, diharapkan pesona cantik pariwisata Palangka Raya semakin terpancar.

Kegiatan yang ditutup secara resmi oleh Kepala BPS Provinsi Kalimantan Tengah Hanif Yahya, S.Si, M.Si ini sepakat untuk menyelenggarakan kegiatan serupa pada tahun-tahun mendatang. Tahun 2019, Rakonreg PDRB se-Kalimantan Tengah direncanakan akan digelar di Murung Raya dengan mengangkat tema yang sesuai dengan Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2019 dengan tetap menitikberatkan pada isu strategis regional sesuai RPJMN 2015-2019. Selanjutnya, Rakonreg PDRB tahun 2020 direncakan akan diselenggarakan di Barito Timur. (HRY)

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (BPS-Statistics of Kalimantan Tengah Province)Jl. Kapt. Piere Tendean No 6 Palangka Raya 73112 Indonesia

WhatsApp 0811 521 6200

Telp (0536) 322 8105

Faks (0536) 322 1380

E-mail : kalteng@bps.go.id | https://linktr.ee/bpskalteng | e-PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi)

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia