Launching Data Hasil Pendaftaran Usaha/Perusahaan SE2016 - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Tengah

Survei Kepuasan Kami ada di s.bps.go.id/SKD2024Kalteng

Telah hadir Provinsi Kalimantan Tengah Dalam Angka 2024, unduh di sini.  Laporkan! Jika terjadi hal-hal yang kurang berkenan atau petugas meminta imbalan/tip. Kami ingin memberikan pelayanan terbaik.

Launching Data Hasil Pendaftaran Usaha/Perusahaan SE2016

Launching Data Hasil Pendaftaran Usaha/Perusahaan SE2016

24 Mei 2017 | Kegiatan Statistik Lainnya


Hasil Sensus Ekonomi 2016 (SE2016) dinantikan oleh banyak pihak, baik oleh pemerintah maupun dunia usaha. Hal ini dikarenakan, melalui SE 2016 akan diperoleh data jumlah usaha/perusahaan berdasarkan skala usaha dan penyerapan tenaga kerja. Dengan data tersebut, pemerintah dapat menakar kekuatan perekonomian daerahnya di luar sektor pertanian dan pelaku usaha dapat memetakan berapa banyak pesaing bisnisnya.

 

Maka dari itu, BPS Provinsi Kalimantan Tengah melakukan Launching dan Talkshow Hasil Pendaftaran Usaha Sensus Ekonomi 2016 Kalimantan Tengah pada 24 Mei 2017 yang bertempat di Hotel Swiss-BelHotel Danum Palangka Raya. Pada hari itu, Kepala BPS Provinsi Kalimantan Tengah, Hanif Yahya, bersama Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Syahrin Daulay, dan Ketua Kamar Dagang dan Industri Kalimantan Tengah, Tugiyo Wiratmodjo, merilis jumlah usaha/perusahaan dan tenaga kerja setiap kategori di Kalimantan Tengah.  Jumlah usaha yang dirilis berdasarkan skala usaha yang dikelompokkan dalam 13 kategori sesuai Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 2015.

 

Hasil SE2016 dirilis dalam berbagai macam kemasan yaitu video, pameran infografis, publikasi, dan berita resmi statistik. Pengemasan ini bertujuan agar gambaran potret perekonomian dapat terpatri di benak pemerintah dan pelaku usaha sehingga mereka dapat merumuskan regulasi dan keputusan bisnis yang tepat. SE2016 memberikan informasi bahwa sebanyak  98% pelaku usaha di Kalimantan Tengah adalah berskala usaha mikro kecil (UMK). UMK di Kalimantan Tengah menyerap sebanyak 84%  tenaga kerja di luar sektor pertanian. Jika dilihat berdasarkan lapangan usaha, perdagangan besar dan eceran  menjadi daya ungkit tertinggi terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Tengah. Kontribusi usaha ini mencapai 48,40 persen dari seluruh aktivitas ekonomi. Kontribusi usaha lain yang cukup tinggi berasal dari usaha penyediaan akomodasi dan penyediaan makan/minum sebesar 15,11 persen. Pada sektor lainnya, geliat usaha industri pengolahan juga mulai tampak dan berperan sebesar 9,77 persen. Kondisi ini memberikan indikasi bahwa pembangunan ekonomi semakin mampu mereduksi peran sumber daya alam. 

 

Berdasarkan data-data tersebut,  para narasumber, yaitu Hanif Yahya, Syahrin Daulay, dan Tugiyo Wiratmodjo, membahas perekonomian Kalimantan Tengah dan bertanya-jawab dengan stakeholder, pelaku usaha, akademisi, serta wartawan dari berbagai media. Pada momen ini juga, BPS Provinsi Kalimantan Tengah memberikan penghargaan kepada 2 responden terbaik pada kegiatan Sensus Ekonomi 2016 yaitu kepada Hotel Swiss-BelHotel Danum Palangka Raya dan Bank Central Asia cabang Palangka Raya. Selain itu penghargaan diberikan kepada Gabungan Pengusaha Kontraktor Nasional (Gapeknas) Kalimantan Tengah sebagai bentuk terima kasih BPS Provinsi Kalimantan Tengah kepada pelaku usaha yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan SE2016.

 

Hasil pendaftaran usaha SE2016 ini tentu belum cukup untuk sebuah regulasi dan keputusan bisnis yang holistik. Data dan informasi mengenai struktur pendapatan dan pengeluaran, prospek dan kendala usaha akan diperoleh melalui Sensus Ekonomi Lanjutan (SE2016 Lanjutan). SE2016 lanjutan akan mendata secara rinci usaha menengah besar (UMB) dan usaha mikro kecil (UMK) pada bulan Agustus 2017.

 

Dari kami untuk Negeri

Dirgahayu Kalteng ke-60

Dengan data berkualitas, kita bangun perekonomian Kalteng, menuju Kalteng Berkah.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (BPS-Statistics of Kalimantan Tengah Province)Jl. Kapt. Piere Tendean No 6 Palangka Raya 73112 Indonesia

WhatsApp 0811 521 6200

Telp (0536) 322 8105

Faks (0536) 322 1380

E-mail : kalteng@bps.go.id | https://linktr.ee/bpskalteng | e-PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi)

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik