Pelatihan Instruktur Daerah Pengolahan Susenas 2018 - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Tengah

Survei Kepuasan Kami ada di s.bps.go.id/SKD2024Kalteng

Telah hadir Provinsi Kalimantan Tengah Dalam Angka 2024, unduh di sini.  Laporkan! Jika terjadi hal-hal yang kurang berkenan atau petugas meminta imbalan/tip. Kami ingin memberikan pelayanan terbaik.

Pelatihan Instruktur Daerah Pengolahan Susenas 2018

Pelatihan Instruktur Daerah Pengolahan Susenas 2018

13 Maret 2018 | Kegiatan Statistik Lainnya


The Mother of Survey

Begitulah julukan yang diberikan kepada SUSENAS , Survei Sosial Ekonomi Nasional. Ada beberapa alasan Susenas dijuluki sebagai "ibu" dari segala survei.

Pertama, hampir seluruh indikator penting di sektor sosial ekonomi tertuang di dalam kuesionernya. Mulai dari kondisi rumah tangga, kesehatan, kondisi bangunan rumah sampai konsumsi makanan dan non-makanan semua anggota rumah tangga setiap minggu. Kedua, dari Susenas, dihasilkan indikator-indikator strategis sebuah wilayah. Angka kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia, dan Gini Ratio dihasilkan dari Susenas.

Sebelum indikator-indikator tersebut lahir, tentu sebuah kuesioner yang telah diisi di lapangan, harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Pengolahan Susenas dilakukan di BPS Kabupaten/Kota, oleh para pegawai dan mitra BPS. Oleh karena itu, pada tanggal 12-16 Maret 2018, dilaksanakan pelatihan Instruktur Daerah di Hotel Neo Palma, Palangka Raya. Peserta berjumlah 15 orang. 14 orang adalah Kasi/Pj. Kasi IPDS Kabupaten/Kota dan 1 orang dari BPS provinsi. Instruktur Nasional Pengolahan Susenas adalah Sdr. Dwinasanti Nur Rachmawati. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala BPS Provinsi Kalimantan Tengah, Bapak Hanif Yahya.

Materi pada pelatihan ini berkaitan dengan cara mengoperasikan aplikasi pengolahan untuk mengentri kuesioner Susenas serta praktek langsung mengentri kuesioner Susenas. Dari praktek ini, error yang terjadi pada program dapat terlihat sehingga dapat menjadi bahan evaluasi untuk programmer di BPS pusat.

Semoga dengan adanya pelatihan ini, kualitas data hasil Susenas dapat lebih baik.

(nellaindri)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (BPS-Statistics of Kalimantan Tengah Province)Jl. Kapt. Piere Tendean No 6 Palangka Raya 73112 Indonesia

WhatsApp 0811 521 6200

Telp (0536) 322 8105

Faks (0536) 322 1380

E-mail : kalteng@bps.go.id | https://linktr.ee/bpskalteng | e-PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi)

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik