Hari Statistik Nasional 2021 - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Tengah

Survei Kepuasan Kami ada di s.bps.go.id/SKD2024Kalteng

Telah hadir Provinsi Kalimantan Tengah Dalam Angka 2024, unduh di sini.  Laporkan! Jika terjadi hal-hal yang kurang berkenan atau petugas meminta imbalan/tip. Kami ingin memberikan pelayanan terbaik.

Hari Statistik Nasional 2021

Hari Statistik Nasional 2021

25 September 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya


Sahabat Data, setiap tanggal 26 September, kita memperingati Hari Statistik Nasional (HSN). Mengusung tema “Statistik Berkualitas untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” yang menggambarkan pentingnya data statistik berkualitas untuk mendorong Indonesia menjadi bangsa yang tangguh dan tumbuh. Tema HSN 2021 juga menegaskan bahwa data berkualitas adalah data yang mampu menjawab perkembangan zaman, salah satunya dengan pemanfaatan big data. 

Inisiatif pengembangan big data di BPS telah dilakukan sejak tahun 2015 mengunakan berbagai sumber big data yang ada, seperti Mobile Positioning Data (MPD) untuk mendukung estimasi jumlah wisatawan mancanegara, khususnya pada border area. Pemanfaatan MPD terus dikembangkan untuk event analysis seperti Asian Games 2018, memantau mobilitas pelaku komuter, pergerakan Wisatawan Nusantara, Wisatawan Nasional (Tourism Statistics), dan mendukung penyusunan delineasi Metropolitan Statistical Area. Citra satelit digunakan dalam kegiatan Kerangka Sampel Area guna mendapatkan data pertanian yang akurat. Sumber big data lainnya dan inisiatif Kecerdasan Artifisial (Artificial Intelligence) juga diimplementasikan sebagai bagian dari percepatan proses bisnis statistik di BPS. 

Kehadiran big data diharapkan dapat memberikan data yang lebih cepat, lebih murah, dan lebih terperinci untuk melengkapi official statistics memberikan informasi yang lebih detail dan mendalam berdasarkan hasil sensus maupun survei. Mari bersama mewujudkan Statistik Berkualitas untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. Selamat Hari Statistik Nasional 2021. 

#HSN2021
#HariStatistikNasional
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (BPS-Statistics of Kalimantan Tengah Province)Jl. Kapt. Piere Tendean No 6 Palangka Raya 73112 Indonesia

WhatsApp 0811 521 6200

Telp (0536) 322 8105

Faks (0536) 322 1380

E-mail : kalteng@bps.go.id | https://linktr.ee/bpskalteng | e-PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi)

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik