Sosialisasi SEEA, Statistik Ekonomi-Lingkungan - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Tengah

Survei Kepuasan Kami ada di s.bps.go.id/SKD2024Kalteng

Telah hadir Provinsi Kalimantan Tengah Dalam Angka 2024, unduh di sini.  Laporkan! Jika terjadi hal-hal yang kurang berkenan atau petugas meminta imbalan/tip. Kami ingin memberikan pelayanan terbaik.

Sosialisasi SEEA, Statistik Ekonomi-Lingkungan

Sosialisasi SEEA, Statistik Ekonomi-Lingkungan

5 April 2017 | Kegiatan Statistik


Pasca 2015, agenda pembangunan beralih dari Millenium Development Goals (MDGs) ke Sustainable Development Goals (SDGs). SDGs mengakomodasi tiga dimensi yaitu ekonomi, sosial, dan lingkungan. Indonesia berkomitmen untuk mengimplementasikan SDGs bukan hanya karena tuntutan internasional, tetapi karena banyak target dan tujuan SDGs sejalan dengan target pembangunan, seperti tertuang dalam RPJMN 2016-2019. 

Salah satu faktor penting untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan SDGs adalah ketersediaan data. Saat ini indikator yang mengkaitkan antara dimensi ekonomi dan lingkungan masih sangat terbatas. BPS terus mengembangkan dan membangun Sistem Terintegrasi Neraca Lingkungan dan Ekonomi (Sisnerling). Pembangunan Sisnerling Indonesia dilakukan BPS dengan mengacu pada System of Environmental-Economic Accounting (SEEA). 

Dalam rangka lebih memperkenalkan implementasi SEEA dalam Sisnerling Indonesia, BPS Provinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 5-6 April 2017 mengadakan sosialisasi dengan mengundang 10 dinas/lembaga/instansi terkait sebagai stakeholder BPS, serta melakukan pelatihan indepth study implementasi SEEA dalam Sisnerling Indonesia. Diharapkan sosialisasi awal tersebut dapat dilanjutkan dan dikembangkan agar stakeholders memahami dan mendukung kegiatan tersebut dan akhirnya mendapat manfaat serta dapat memenuhi kebutuhan stakeholders terkait penyediaan data Sisnerling dan SDGs. 

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (BPS-Statistics of Kalimantan Tengah Province)Jl. Kapt. Piere Tendean No 6 Palangka Raya 73112 Indonesia

WhatsApp 0811 521 6200

Telp (0536) 322 8105

Faks (0536) 322 1380

E-mail : kalteng@bps.go.id | https://linktr.ee/bpskalteng | e-PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi)

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik